Karakterisasi Valve Stem Genuine dan Non-Genuine Engine SAA6D170E-5 Akibat Kesalahan Proses Pemasangan

Penulis

  • Wahyu Anhar Politeknik Negeri Balikpapan
  • Fajar Mardika Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hadi Hermansyah Politeknik Negeri Balikpapan
  • Joko Setia Pribadi Politeknik Negeri Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.32487/jab.v1i1.9

Kata Kunci:

goresan, kekerasan, struktur mikro, intake, exhaust

Abstrak

Komponen valve stem pada engine SAA6D170E-5 mengalami kerusakan berupa goresan setelah dilakukan overhaul engine. Kerusakan yang terjadi berupa goresan pada bagian valve stem. Adapun komponen valve stem yang digunakan merupakan komponen genuine (G) maupun non-genuine (NG). Goresan disebabkan penggunaan alat cotter ring yang sudah tidak sesuai standar penggunaan. Karakterisasi valve stem menggunakan pengamatan visual, pengujian kekerasan metoda Rockwell superficial dan pengamatan struktur mikro. Hasil pengamatan visual menunjukkan bahwa tingkat kedalaman goresan pada valve stem intake G lebih rendah daripada valve stem intake NG. Selain itu, tingkat kedalaman goresan pada valve stem exhaust G juga lebih rendah dibandingkan valve stem exhaust NG. Rendahnya tingkat kedalaman goresan pada valve stem intake G disebabkan angka kekerasan permukaan valve stem intake G lebih tinggi daripada valve stem intake NG. Demikian juga pada valve stem exhaust G yang memiliki angka kekerasan lebih tinggi dibandingkan valve stem exhaust NG. Valve stem intake G memiliki kekerasan lebih tinggi dikarenakan fasa yang terbentuk adalah fasa bainit, sedangkan pada valve stem intake NG adalah fasa perlit. Adapun valve stem exhaust G memiliki kekerasan lebih tinggi dibandingkan valve stem exhaust NG karena fasa perlit yang terbentuk pada valve stem exhaust G lebih rapat.

Referensi

A. Syamsundar, V.N.A. Naikan, and S. Wu, “Estimating maintenance effectiveness of a repairable system under time-based preventive maintenance,” Computers & Industrial Engineering, vol. 156, no. 107278, pp. 1–16, 2021.

P. Rokhforoz and O. Fink, “Hierarchical multi agent predictive maintenance scheduling for trains using price-based approach,” Computers & Industrial Engineering, vol. 159, no. 107475, pp. 1–12, 2021.

K. Rahmani, G. Wheatley, A. Sadooghi, S.J. Hashemi, and J. Babazadeh, “The experimental investigation of hardness and wear behaviors of inner surface of the resin tubes reinforced by fibers,” Results in Engineering, vol. 11, no. 100273, pp. 1–7, 2021.

Q. Yuan, L. Chai, J. Shen, H. Wang, H. Guan, N. Guo, and Y. Li, “Microstructural characteristics, hardness and wear resistance of a typical ferritic/martensitic steel surface-treated by pulsed laser,” Surface & CoatingsTechnology, vol. 418, no. 127261, pp. 1–10, 2021.

H. Bai, L. Zhong, L. Kang, J. Liu, W. Zhuang, Z. Lv, and Y. Xu, “A review on wear-resistant coating with high hardness and high toughness on the surface of titanium alloy,” Journal of Alloys and Compounds, vol. 882, no. 160645, pp. 1–12, 2021.

W.D. Callister and D.G. Rethwisch, “Phase transformations” in Materials Science and Engineering, 10th ed. United States of America : John Wiley & Sons, Inc., 2018, pp. 332–334.

Unduhan

Diterbitkan

22-01-2024 — Diperbaharui pada 09-06-2024

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel