Rancang Bangun Bracket Stand Puller Untuk Melepas Rear Torque Rod Pin Unit HD 785-7

Penulis

  • Syahruddin Syahruddin Politeknik Negeri Balikpapan
  • Denny Kristianto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Basri Basri Politeknik Negeri Balikpapan
  • Syaeful Akbar Politeknik Negeri Balikpapan
  • Edi Widodo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32487/jab.v1i2.25

Kata Kunci:

torque rod, rear torque rod pin, rear axle assy, bracket stand puller

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah membuat alat bantu untuk melepas rear torque rod pin. Permasalahan yang terjadi pada saat proses pelepasan rear torque rod pin adalah dengan memukul pin menggunakan hammer dan wire rope punch (chicken bar). Pada saat proses pelepasan pin dengan cara ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan kerja. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan untuk membuat bracket stand puller yang dapat membantu dalam proses pelepasan pin menggunakan puller dan hydraulic hand pump. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan sumber data observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil percobaan dan analisis perbandingan sebelum dan sesudah adanya bracket stand puller menunjukkan waktu pelepasan rear torque rod pin 50% lebih efisien dan 45,45% lebih aman. Hal ini menunjukan bahwa special tool yang dibuat dapat memudahkan pengerjaan pelepasan rear torque rod pin, mengurangi waktu pekerjaan serta lebih aman ketika digunakan.

Referensi

I. Wahyudi, “Rancang Bangun Alat Pemadat Tanah (Compactor) Kapasitas 450 Kg Dengan Penggerak Motor Bensin, “ Tugas Akhir, Politeknik Negeri Sriwijaya, 2016.

K. Indah Lestari, “Evaluasi Manajemen Pemeliharaan (Maintenance) Alat Berat Pada PT. United Tractors Di Pekanbaru,” Skripsi, Universitas Islam Riau, 2022.

Technical Training Department, “Basic Mechanic Course Axle Wheel and Suspension,” Service Devision, United Tractors, Jakarta, 2011.

Anonim,”Off High Way Track HD 785-7,” Komatsu Japan, 2016.

S. Akbar, S. Syahruddin, I.J. Kartiko, O. Purnawarman, ”Rancang Bangun Special Service Tool Remove dan Install Valve Spring Engine Dxi11 pada Unit Renault Trucks,” Jurnal Alat Berat, vol.1 no.1, pp 11-17, 2024.

M. Afandi, S. Kirana Anggraeni, A. Sri Mariawati, ”Manajemen Risiko K3 Menggunakan Pendekatan HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control) Guna Mengidentifikasi Potensi Hazard,” Jurnal Teknik Industri Universitas Sulatan Ageng Tirtayasa, vol.3, No.2, , 2015.

S. Chowdhury, “Optimization and Business Improvement Studies in Upstream Oil and Gas Industry,” John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

24-07-2024

Terbitan

Bagian

Artikel