Rancang Banggun Remove Dowel Pin Engine Block dan Cylinder Head

Penulis

  • Aryati Marali Politeknik Negeri Balikpapan
  • Arwin Politeknik Negeri Balikpapan
  • Herdian Dwimas Politeknik Negeri Balikpapan
  • M. Daffa Dhiyaul Haq Politeknik Negeri Balikpapan
  • A’yan Sabitah Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.32487/jab.v1i2.22

Kata Kunci:

special tool, dowel pin, engine block

Abstrak

Dowel pin merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menahan bagian- bagian mesin dan menghubungkan komponen mesin dengan cepat pada posisi yang akurat. Pada melakukan observasi di PT.Petrosea Tbk, peneliti mengamati cara pelepasan komponen dowel pin yaitu dengan menggunakan vise grip dan perlakuan khusus dengan cara pengelasan. Metode pelepasan tersebut menimbulkan bahaya pada mekanik, yaitu mekanik dapat terpental pada saat pelepasan dangan vise grip dan bahaya dari pengelasan jika proses pelepasan dilakukan pada suction fabrikasi. Metode penelitian ini menggunakan field research dengan observasi, teknik kuisoner, wawancara yang dilakukan di PT.Petrosea Tbk. Hasil perhitungan analisa special tool yang diberikan beban 100 N dapat direkduksi dengan gaya yang dihasilkan alat didapatkan hasil yaitu aman digunakan karena hasil yang didapatkan lebih dari beban yang dibutuhkan dan direncanakan. Hasil penelitian safety yaitu sebesar 58% untuk mengurangi potensi bahaya dari metode sebelumnya dan analisa manpower sebesar 50% untuk mengurangi jumlah manpower dari proses pekerjaan sebelumnya.

Referensi

W. Yan, T. Dou, J. Wang, N. Mei, and G. Li, “Research on the influence of Euro VI diesel engine assembly consistency on NOx emissions,” Energies, vol. 13, no. 20, Oct. 2020, doi: 10.3390/en13205335.

L. Hermawati, I. Mujiarto, S. A. Pratomo, and K. Kundori, “Analisa Kegagalan Material Kepala Silinder Mesin Diesel 4 TAK,” J. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 74–78, 2021, doi: 10.47233/jsit.v1i2.105.

Soeleman and Jumadi, “Perancangan Compound Dies untuk Proses Blanking dan Piercing Cylinder Head Gasket Tipe TVS-N54,” SINTEK J. Mesin Teknol., vol. 1, pp. 23–30, 2017.

L. Syaidah, M. W. Afgani, A. P. Sairi, and A. Info, “EKSPLORASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HUKUM NEWTON TENTANG GERAK,” vol. 12, no. 1, pp. 1–5, 2023.

M. Prihadi, E. Wahyudi, N. Parhusip, F. Atabiq, and Q. Fitriyah, “Trainer Kit Pelontar Kubus Pada Praktikum Termodinamika Untuk Mengukur Kecepatan,” vol. 15, no. 1, pp. 21–27, 2023.

A. S. M. M. Mustofa, “Identifikasi Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon Dalam Memecahkan Masalah Lingkaran,” vol. 4, no. April, pp. 52–59, 2020.

C. W. Panggaben, U. Budiarto, and A. W. Santosa, “Pengaruh Variasi Arus Dan Polaritas Terhadap Kekuatan Tarik,Tekuk dan Kekerasan Hasil Las SMAW ( Shielded Metal Arc Welding) Pada Baja SS 400,” vol. 9, no. 4, pp. 350–359, 2021.

H. W. I. N. A. B, “PERANCANGAN WELDING FIXTURE LAS MIG PADA PROSES PENGELASAN ROTATION PLATE DI PT YOGYA PRESISI TEHNIKATAMA INDUSTRI,” vol. 3, pp. 113–122, 2022.

B. Surono, T. C. Wahyudi, E. Nugroho, and S. Santoso, “Pengaruh Jenis Elektroda Pada Sambungan Las Plat Baja Terhadap,” vol. 12, no. 02, pp. 363–371, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

24-07-2024

Terbitan

Bagian

Artikel