Analisis Perbandingan Penggunaan Baut Cylinder Head New dan Reuse Unit Ford Ranger 2.5L Terhadap Pengujian Tarik

Penulis

  • Yudi Kurniawan Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nurul Huda Politeknik Negeri Balikpapan
  • Fajar Paundara Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.32487/jab.v1i1.12

Kata Kunci:

baut, cylinder head, tensile strength, modulus elestis

Abstrak

Setiap perusahaan memiliki sejumlah armada kendaraan ringan yang diperuntukan untuk mendukung sarana transportasi, salah satu unit tersebut adalah mobil Ford Ranger 2.5L. Permasalahan yang sering terjadi ialah kondisi unit breakdown pada ±80.000 km akibat terjadi low power dan abnormal noise pada engine yang disebabkan kebocoran kompresi serta kebocoran saluran lubrication dan water coolant pada sisi top engine. Setelah dilakukan investigasi didapatkan baut cylinder head yang patah dan mulur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan baut cylinder head new dan reuse pada 80.000 km terhadap pengujian tarik. 4 spesimen baut yaitu baut new dan baut reuse dibentuk sesuai dengan standart ASTM E8 untuk memudahkan proses pengujian dan perhitungan. Hasil yang didapat dari pengujian dan perhitungan yaitu hasil tensile strength rata-rata baut reuse mengalami penurunan kekuatan tarik dibandingkan material baut new sekitar 20,4 Mpa. Kemudian untuk yield strength pada baut reuse mengalami penurunan sekitar 9,2 Mpa. Untuk modulus elastis material baut juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni pada mencapai 1,115 Gpa. Seluruh penurunan kekuatan material baut reuse dikarenakan baut reuse yang telah digunakan selama ±80.000 km telah mengalami deformasi dan fatique yang diakibatkan selalu berhubungan dangan getaran dan  temperatur yang tinggi saat engine beroperasi.

Referensi

. Company, Ford Motor. “Ford RangerManual”, 2014.

. UT School. ”Training Module Basic Engine Diesel”, two edition, PT.United Tractor, Jakarta, 2011.

. Daryanto. “Dasar-Dasar Teknik Mobil” CV. Bina Aksara, 1987.

. UTSchool. “Training Module, Basic Machine Element”, two edition, PT.United Tractor, Jakarta, 2011.

. G. Antonio, “Studi Pembuatan Spesimen Mini Uji Tarik dengan Teknik Blanking/Punching”, ISSN 1979-2409, No:2., 2008.

. ASTM, “Standard Test Methods for Tension Testing of Metallic Materials (E8/E8M-09)”, American Association State Highway and Transportation Officials Standart (AASHTO), No:T68., 2010.

. B. Haris, “Analisis Pengujian Tarik (Tensile Test) Pada Baja ST37 Dengan Alat Bantu Ukur Load Cell”, Jurnal J-Ensitec, Vol:3, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

22-01-2024 — Diperbaharui pada 09-06-2024

Versi

Terbitan

Bagian

Artikel